wirawan dhewantoro. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 09 Oktober 2010

Potensi Pisang sebagai Pencegahan dan Pengobatan HIV


Menyikat gigi minimal dua kali sehari bukan hanya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, tetapi mencegah penyakit kronis. Orang yang menyikat gigi kurang dari dua kali sehari memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.Seperti dikutip dari laman Telegraph, sejumlah pakar kesehatan gigi Bristol University menemukan sejumlah bakteri di mulut yang dapat masuk ke aliran darah dan memicu penyumbatan. Kondisi ini meningkatkan potensi penyakit jantung dan stroke.

Yang paling jamak berkembang biak di mulut yang tak bersih adalah bakteri Streptococcus. Bakteri ini memang tak memiliki akses langsung ke dalam tubuh, tapi berpeluang masuk ke aliran darah ketika terjadi

perdarahan pada gusi.

"Bakteri yang menyelinap ke pembuluh darah akan memicu terjadinya pembekuan darah yang akhirnya berpotensi menyumbat suplai darah ke jantung dan otak," kata Profesor Mikrobiologi Oral, Howard Jenkinson.

Hasil penelitin ini memperkuat studi sebelumnya di Skotlandia terhadap lebih 11 ribu orang dewasa. Studi ini menemukan, orang dengan kesehatan gigi dan mulut buruk berisiko 70 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung. Kaitan antara masalah gusi dan penyakit jantung ini publikasikan dalam British Medical Journal.

Untuk itu, Jenkinson mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya dengan rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi usai makan, tapi juga melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Ingat, serangan jantung masih menjadi jawara penyebab kematian di seluruh dunia
sumber : kesehatan

Komentar :

ada 2 komentar ke “Potensi Pisang sebagai Pencegahan dan Pengobatan HIV”
NEAR-HIRUMA mengatakan...
pada hari 

Bagus tuh!!! bisa buat referensi tugas!!! hehehe

wirawan mengatakan...
pada hari 

@Near : sama2 sob..

Posting Komentar

sedikit tulisan.
sangat bermakna untuk postingan ini kawan.

 
Wirawan-Blog© is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate