wirawan dhewantoro. Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 25 September 2010

Penyakit Mata dan Pencegahannya


Kondisi-kondisi nonalergi yang berhubungan denga mata seringkali memerlukan perawatan-perawatan yang berbeda dari yang berhubungan denga alergi-alergi. Ini dapat termasuk:

1. Viral conjunctivitis. Kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya setelah kira-kira 10 hari.

1. Pasien-pasien harus sering mencuci tangan-tangannya dan menghindari meraba mata yang terpengaruhi atau mata-mata dari orang lain.
Adakalanya, kornea akan menjadi meradang. Ini mungkin memerlukan steroid atau perawatan antivirus.
2. Bacterial conjunctivitis. Obat-obat tetes mata antibiotik dan/atau obat salep mungkin diresepkan.
3. Mata kering. Airmata-airmata tiruan adalah perawatan yang paling umum. Operasi Punctal occlusion mungkin digunakan, dimana suatu penyumbat ditempatkan disalah satu dari dua saluran antara mata dan hidung untuk menjaga airmata-airmata mengalir masuk kedalam hidung.
4. Iritasi. Pencucian mata sepenuhnya adalah perlu ketika gejala-gejala dipicu oleh kontak mata dengan pembersih-pembersih rumah tangga, sprays, asap, kabut campur asap dan bahan-bahan pengotor (pollutants).


Pasien-pasien dapat juga mengambil tindakan-tindakan lain untuk membebaskan gejala-gejala alergi dan nonalergi termasuk:

* Menghindari paparan pada penyebab-penyebab alergi. Pasien-pasien dihimbau untuk mengambil langkah-langkah untuk membatasi paparan mereka pada penyebab-penyebab alergi. Contoh-contoh dapat termasuk berdiam didalam rumah ketika jumlah serbuk sari sangat tinggi, menjaga rumah tetap bersih untuk mengurangi tingkat-tingkat dari berbagai penyebab-penyebab alergi dan penyebab-penyebab iritasi dan mencuci tangan segera setelah memberi makan pada binatang-binatang peliharaan.
* Menggunakan kompres dingin pada mata-mata untuk menghilangkan gejala-gejala. Dingin bertindak sebagai suatu alat penstabil sel mast (mast cell stabilizer) dan penyempit pembuluh (vasoconstrictor). Menggosok atau menggaruk mata hanya akan memperburuk gejala-gejala.
* Gunakan airmata-airmata tiruan untuk menghilangkan lendir atau cuci penyebab-penyebab iritasi dari mata. Mendinginkan airmata-airmata tiruan membuat mereka lebih menenangkan ketika dipakai. Pasien-pasien umumnya dihimbau untuk menghindari tipe-tipe lain dari obat-obat tetes bebas (over-the-counter eyedrops), karena mereka lama-lama dapat memperburuk gejala-gejala.
* Hilangkan kerak-kerak kelopak mata dengan melunakkan mereka dengan kompres hangat dan gunakan shampoo bayi untuk membersihkan mereka.
* Jangan memakai makeup mata sampai gejala-gejala mereda. Jika suatu infeksi hadir, makeup mata seharusnya dibuang dan digantikan.
* Jangan gunakan lensa kontak (contact lenses) ketika gejala-gejala hadir. Jika suatu infeksi hadir, lensa-lensa lama seharusnya dibuang dan digantikan.
* Istirahatkan mata-mata dan hindari cahaya-cahaya terang.

Jika obat-obatan dan penghindaran gagal untuk membebaskan gejala-gejala berhubungan dengan mata, suntikan-suntikan alergi/allergy shots (immunotherapy) dapat dipertimbangkan. Suntikan-suntikan alergi (allergy shots) adalah suatu bentuk perawatan alergi dan asma dimana dosis-dosis kecil dari suatu penyebab alergi disuntikk pada pasien melalui suatu periode waktu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan toleransi pasien pada penyebab-penyebab alergi sembari mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh suatu reaksi alergi.
Metode-Metode Pencegahan Gejala-Gejala Berhubungan Dengan Mata

Cara terbaik untuk mencegah gejala-gejala berhubungan dengan mata adalah menghindari penyebab-penyebab alergi, penyebab-penyebab iritasi dan kuman-kuman yang menyebabkan gejala-gejala. Ini harus dilakukan sebisa mungkin. Saran-saran lain untuk mencegah gejala-gejala berhubungan dengan mata termasuk:

* Seringkali mencuci tangan untuk mengurangi alergi dan pencemaran yang berinfeksi. Kuman-kuman dan penyebab-penyebab alergi dapat dengan mudah dipindahkan dari jari-jari tangan ke mata.
* Jangan menggosok mata-mata, karena ini hanya akan mengiritasi mereka dan memperburuk kondisi.
* Gunakan kacamata diluar ruangan untuk melindungi mata-mata dari penyebab-penyebab alergi dan penyebab-penyebab iritasi lainnya.
* Gunakan kacamata sebagai pengganti lensa kontak selama musim alergi.
* Cuci sesering mungkin seprei dan sarung-sarung bantal didalam air panas dan detergent untuk mengurangi penyebab-penyebab alergi. Hindari produk-produk dari bulu-bulu binatang jika ada alergi terhadapnya.
* Hindari memakai makeup mata. Bagi mereka yang memilih tetap menggunakan makeup, jangan sekali-kali berbagi (memakai bersama) produk dengan orang lain.

 
Wirawan-Blog© is proudly powered by Blogger.com | Template by OzoneTemplate